MEDIA PEMBELAJARAN
(oleh : Dr. Irwanto, MT)
1. PENGERTIAN
Secara Harapiah media merupakan perantara atau pengantar. Jadi media pembelajaran adalah sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar.
Media adalah segala benda yang dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang digunakan.
2. KLASIFIKASI MEDIA, terdiri dari ;




3. Beberapa hal yang menjadi pertimabangan dalam pemilihan media diantaranya :





4. Perkembangan Media
a. Media tak langsung (Offline)
§ Orang lain
§ Buku
§ Kaset
§ Film
§ Komputer
b. Media langsung (online)
§ Orang lain
§ Alam (bunyi, cahaya, ...)
§ Alat elektronika (telpon, radio, televisi, ...)
§ Internet
c. Media Rekam
§ Tanah, dinding gua
§ Batu, daun
§ Kertas
§ Media magnetik
§ Media elektrik
5. Perkembangan Media dlm Pembelajaran
a. Media tak langsung (Offline)
§ Orang lain
§ Buku
§ Kaset
§ Film
§ Komputer
b. Media langsung (online)
§ Orang lain
§ Alam (bunyi, cahaya, ...)
§ Alat elektronika (telpon, radio, televisi, ...)
§ Internet
c. Media Rekam
§ Tanah, dinding gua
§ Batu, daun
§ Kertas
§ Media magnetik
§ Media elektrik
6. Perkembangan Media dalam Pembelajaran :
Alat
|
Offline
|
Online
|
![]() |
Ø Buku, majalah, surat kabar, jurnal
|
Ø E-book,
Ø e-magazine,
Ø e-news, e-journal
|
![]() |
Ø Tape player/recorder
|
Ø Radio, telepon
|
![]() |
Ø Slide projector
|
Ø
|
![]() |
Ø Film projector
Ø Video player/recorder
|
Ø Televisi
|
![]() |
Ø Komputer
|
Ø Internet
|
7. Alasan Tidak Menggunakan Media
o Menggunakan media merepotkan
o Media itu barang canggih dan mahal
o Tidak tahu media atau tidak bisa menggunakan
o Media itu sekedar hiburan, belajar harus serius
o Media itu pemborosan
o Dari dulu tidak pakai media banyak juga orang pandai.
8. Kontribusi media dalam pembelajaran








9. Unsur-Unsur Media Pembelajaran





10. Kharakteristik Media Pembelajaran



11. FUNGSI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Ø MAMPU MEMPERKUAT RESPON PENGGUNA SECEPATNYA DAN SESERING MUNGKIN.
Ø MAMPU MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA SISWA UNTUK MENGONTROL LAJU KECEPATAN BELAJARNYA SENDIRI
Ø MEMPERHATIKAN BAHWA SISWA MENGIKUTI SUATU URUTAN YANG JELAS DAN TERKENDALI
Ø MAMPU MEMBERIKAN KESEMPATAN ADANYA PARTISIPASI DARI PENGGUNA DALAM BENTUK RESPON, BAIK BERUPA JAWABAN, PEMILIHAN, KEPUTUSAN, PERCOBAAN DAN LAIN-LAIN
12. FORMAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN





13. Multimedia Pembelajaran terbagi menjadi dua :
a. Multimedia Linier, merupakan suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna atau multimedia ini berjalan sekuensial/berurutan. Contoh TV dan Film
b. Multimedia Interaktif , Multimedia Interaktif merupakan suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif yaitu pembelajaran interaktif, aplikasi game dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar