Kamis, 08 Mei 2014

Media Pembelajaran



MEDIA PEMBELAJARAN
(oleh :  Dr. Irwanto, MT)

1.         PENGERTIAN
Secara Harapiah media merupakan perantara atau pengantar. Jadi media pembelajaran adalah sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar.
Media adalah segala benda yang dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang digunakan.
2.         KLASIFIKASI MEDIA, terdiri dari  ;
*      Cetak
*      Audio
*      Visual gerak / diam
*      Audio visual gerak / diam

3.         Beberapa hal yang menjadi pertimabangan dalam pemilihan media diantaranya  :
*      Tujuan yang ingin dicapai
*      Karakteristik siswa/sasaran
*      Jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio, visual, gerak)
*      Keadaan lingkungan setempat
*      Luasnya jangkauan yang ingin dilayani

4.         Perkembangan Media
a.       Media tak langsung (Offline)
§  Orang lain
§  Buku
§  Kaset
§  Film
§  Komputer
b.      Media langsung (online)
§  Orang lain
§  Alam (bunyi, cahaya, ...)
§  Alat elektronika (telpon, radio, televisi, ...)
§  Internet
c.       Media Rekam
§  Tanah, dinding gua
§  Batu, daun
§  Kertas
§  Media magnetik
§  Media elektrik

5.       Perkembangan Media dlm Pembelajaran
a.       Media tak langsung (Offline)
§  Orang lain
§  Buku
§  Kaset
§  Film
§  Komputer
b.      Media langsung (online)
§  Orang lain
§  Alam (bunyi, cahaya, ...)
§  Alat elektronika (telpon, radio, televisi, ...)
§  Internet
c.       Media Rekam
§  Tanah, dinding gua
§  Batu, daun
§  Kertas
§  Media magnetik
§  Media elektrik

6.       Perkembangan Media dalam Pembelajaran  :
Alat
Offline
Online
*        Teks
Ø  Buku, majalah, surat kabar, jurnal
Ø  E-book,
Ø  e-magazine,
Ø  e-news, e-journal
*        Suara
Ø  Tape player/recorder
Ø  Radio, telepon
*        Photo, gambar, teks
Ø  Slide projector
Ø   
*        Film, suara, teks
Ø  Film projector
Ø  Video player/recorder
Ø  Televisi
*        Multimedia
Ø  Komputer
Ø  Internet

7.       Alasan Tidak Menggunakan Media
o   Menggunakan media merepotkan
o   Media itu barang canggih dan mahal
o   Tidak tahu media atau tidak bisa menggunakan
o   Media itu sekedar hiburan, belajar harus serius
o   Media itu pemborosan
o   Dari dulu tidak pakai media banyak juga orang pandai.

8.       Kontribusi media dalam pembelajaran
*      Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
*      Pembelajaran dapat lebih menarik
*      Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
*      Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek 
*      Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan 
*      Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
*      Sikap positif siswa terhadap materi dan  proses pembelajaran dapat ditingkatkan
*      Peran guru berubahan kearah yang positif

9.       Unsur-Unsur Media Pembelajaran
*      Teks (Dapat disajikan dalam bentuk font dan berbagai ukuran
*      Gambar (Merupakan salah satu unsur terpenting dalam multimedia)
*      Animasi (Pembentukan ganbar dari berbagai media atau objek yang divariasikan dengan gerakan, transisi, efek-efek, juga suara yang selaras dengan gerakan animasi.
*      Audio (suatu media unik bila dibansingkan dengan media lain yang menjadi unsur multimedia)
*      Video (Unsur multimedia paling kompleks karena menyampaikan informasi yang lebih komunikatif disbanding gambar biasa)

10.   Kharakteristik Media Pembelajaran
*      Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio visual.
*      Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
*      Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.

11.   FUNGSI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Ø  MAMPU MEMPERKUAT RESPON PENGGUNA SECEPATNYA DAN SESERING MUNGKIN.
Ø  MAMPU MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA SISWA UNTUK MENGONTROL LAJU KECEPATAN BELAJARNYA SENDIRI
Ø  MEMPERHATIKAN BAHWA SISWA MENGIKUTI SUATU URUTAN YANG JELAS DAN TERKENDALI
Ø  MAMPU MEMBERIKAN KESEMPATAN ADANYA PARTISIPASI DARI PENGGUNA DALAM BENTUK RESPON, BAIK BERUPA JAWABAN, PEMILIHAN, KEPUTUSAN, PERCOBAAN DAN LAIN-LAIN
12.   FORMAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
*      TUTORIAL
*      DRILL AND PRACTISE
*      SIMULASI
*      PERCOBAAN ATAU EKSPERIMEN
*      PERMAINAN

13.   Multimedia Pembelajaran terbagi menjadi dua :
a.       Multimedia Linier, merupakan suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna atau multimedia ini berjalan sekuensial/berurutan. Contoh TV dan Film
b.      Multimedia Interaktif , Multimedia Interaktif merupakan suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif yaitu pembelajaran interaktif, aplikasi game dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar